Senin, 14 April 2008

budidaya kopi

GAMBARAN UMUM PRODUKSI KOPI Ada hampir 40 jenis varietas kopi yang terbagi menjadi dua jenis utama kopi, yaitu: Kopi Arabika, hampir 70% produksi kopi di dunia merupakan kopi jenis ini (Indonesia menyumbang 10% dari jumlah tersebut). Kopi Robusta, diproduksi sekitar 30% produksi dunia.

Tanaman kopi termasuk apa yang dinamakan "tanaman hari pendek" (short day plant), yaitu tanaman yang membentuk bakal bunga dalam periode hari pendek. Yang dimaksud dengan hari pendek adalah siang hari yang panjangnya kurang dari 12 jam. Disebelah selatan garis katulistiwa, hari pendek berlangsung antara tgl 21 Maret hingga tgl 23 September, sedang di sebelah utara katulistiwa antara tgl 23 September hingga tgl 23 Maret tahun berikutnya.

Sebagian besar tanaman kopi di Indonesia terletak di sebelah selatan katulistiwa, seperti di Sumatera bagian selatan, Jawa, Sulawesi bagian selatan, Bali, Nusa Tenggara, dan Timor Timur.

Di daerah-daerah ini tanaman membentuk bunga dalam periode antara akhir Maret hingga akhir September. Dan oleh karena bunga tersebut memerlukan waktu hampir 1 tahun untuk menjadi buah masak, maka masa panen di daerah tersebut juga jatuh dalam periode yang sama tahun berikutnya, dengan puncak panen pada bulan Juli - Agustus.

Sebaliknya di sebelah utara katulistiwa, yaitu di Sumatera Utara dan Aceh, bakal bunga terbentuk dalam periode antara akhir September hingga akhir Maret tahun berikutnya, sehingga masa panennya juga jatuh dalam periode tersebut, dengan puncak panen pada bulan Desember - Januari.


Tidak ada komentar: